Dua minggu yang lalu, kami menambah anggota keluarga baru di kebun Yabbiekayu. Setelah kami melakukan percobaan untuk memelihara ayam kampung yang ternyata kurang sesuai dalam memenuhi kebutuhan suplai telur ayam untuk kebutuhan dapur kami, kami memutuskan untuk memelihara ayam jenis Golden Comet dan menjual ayam kampung kami kepada warga desa di sekitar Yabbiekayu dengan harga murah.

Di Yabbiekayu, pada masa ramai pelancong kami membutuhkan setidaknya 25-35 telur ayam dalam sehari untuk waktu sarapan. Biasanya, satu ekor ayam pada usia yang tepat akan memproduksi telur antara 1-2 butir dalam satu hari.

Di kandang ayam kami sekarang kami memiliki 14 ekor ayam; yang terdiri dari 4 ekor ayam betina dewasa dan 10 ekor ayam betina muda. Keempat ekor ayam dewasa kami saat ini hampir setiap hari memproduksi telur dan kami mendapatkan 6 sampai 8 telur per hari. Selama masa sepi pelancong, jumlah telur yang tersedia ini terhitung sudah mencukupi kebutuhan dapur kami.  Sesuai dengan perhitungan, 10 ayam betina muda yang ada dalam satu bulan ke depan sudah akan memproduksi telur, yang artinya kami akan mendapatkan suplai telur yang lebih dari cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan konsumsi sarapan tamu tamu kami mulai bulan November dan bulan bulan selanjutnya.

Sebagai salah satu ekperimen kami untuk menciptakan sebuah lingkungan yang lestari dan berkelanjutan, sehat dan memiliki hubungan yang baik antara kebun dan dapur, kami mencoba menggunakan chicken tractor dan menempatkan ayam ayam betina muda di dalamnya. Mungkin bagi sebagian besar orang, mereka kurang tahu bahwa ketika dua usia ayam yang berbeda ditempatkan di dalam satu kandang, hal ini akan menimbulkan stress pada ayam-ayam tersebut.  Ayam yang berusia dewasa akan berusaha menunjukkan dominasi mereka terhadap ayam ayam yang lebih muda dengan  jalan mematuki ayam yang lebih muda, dan hal ini akan menciptakan lingkungan yang tidak sehat dan bagi kita tidak akan menguntungkan karena kesehatan mereka akan lebih rentan dan kondisi stress akan menurunkan tingkat produksi telur mereka. Inilah sebabnya kenapa kami memisahkan antara ayam yang berusia dewasa dengan ayam yang usianya lebih muda.

Apakah chicken tractor itu? Chicken tractor adalah sebuah kandang ayam tanpa lantai yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan dan keinginan pemilik ayam. Chicken tractor juga dapat menjadi rumah bagi aneka jenis unggas lainnya.

Sebagian besar chicken tractor dibangun dengan rangka material yang ringan sehingga dapat dipindahkan dengan mudah di seputaran halaman. Mungkin pada kerangka chicken tractor dapat dipasang roda di salah satu sisi  sehingga memudahkan bagi pemilik unggas untuk memindahkannya ke area yang diinginkan.

Keuntungan dari chicken tractor :

Dapat dipindahkan dengan mudah sehingga anda tidak perlu membangun atau memasang papan lantai di bawah kandang ayam. Hal ini juga berarti bahwa kita tidak perlu mengeluarkan tenaga extra untuk merawat lantai kandang ayam – seperti membersihkan atau memperbaikinya. Dasar dari kandang ayam dan buangan dari ayam ayam ini akan menjadi pupuk yang bermanfaat bagi kesuburan tanah.

Ketika kita memindahkan chicken tractor, ayam ayam juga mendapatkan area bermain yang lebih luas yang artinya kita memberi mereka cukup hiburan selain juga memberi mereka lebih banyak makanan alami dan memberikan mereka ruang gerak yang lebih luas sekaligus memberikan mereka keamanan penuh dari musuh alami mereka.

Hal ini artinya, kita memiliki ayam ayam yang bahagia yang menghasilkan telur telur yang bergizi tinggi.