1. Berapa jarak Yabbiekayu ke bandara (atau sebaliknya) dan transportasi apa yang terbaik dari / ke Yabbiekayu dari / ke bandara atau stasiun kereta api?

Yabbiekayu berjarak 18km dari bandara. Biasanya, waktu yang ditempuh dari bandara ke Yabbiekayu adalah 30 sampai 40 menit, tergantung keadaan lalu lintas.

Transportasi terbaik dari bandara ke Yabbiekayu adalah dengan taksi. Anda bisa naik taksi dengan harga sekitar 120ribu dari loket Taxi resmi yang berada di sebelah kanan setelah Anda meninggalkan klaim bagasi. Mintalah kepada pada driver untuk membawa Anda ke Tembi di Sewon Bantul. Anda bisa menelepon staf kami agarmereka bisa menjemput Anda di lokasi terdekat dengan Yabbiekayu ATAU staf kami bisa mengirimkan petunjuk tertulis menuju Yabbiekayu dengan disertai Google Map.

Stasiun kereta api berjarak lebih dekat ke Yabbiekayu daripada bandara, yakni sekitar 10km. Untuk sampai ke Yabbiekayu, dengan taksi dibutuhkan waktu 30 menit, dan kurang dari 30 menit apabila Anda menggunakan jasa taksi sepeda motor/Gojek.

Penjemputan bandara, stasiun kereta api atau terminal bus dapat diatur berdasarkan permintaan, dan akan dikenakan biaya tambahan. Biaya penjemputan bandara atau stasiun dari Yabbiekayu akan lebih tinggi dari tarif taksi meter.

Kami bekerja sama dengan perusahaan transportasi lokal di desa yang merupakan salah satu nilai utama kami untuk berkontribusi pada masyarakat desa dan biaya yang kami bebankan kepada tamu akan sebagian besar diberikan pada mereka untuk digunakan demi mempertahankan Kualitas kendaraan dan tenaga kerja mereka. Driver yang bekerjasama dengan kami kualitasnya dapat diandalkan. Mereka dapat berbahasa Inggris dan juga bisa bekerja untuk para tamu sebagai pemandu wisata.

Jika Anda bepergian dengan dana terbatas, maka gojek dan taksi meter, adalah pilihan terbaik karena kedua fasilitas ini ongkosnya relatif murah. Jika Anda berkeinginan untuk memberi kontribusi pada masyarakat desa yang bekerja bersama kami, maka kami dengan senang hati akan mengaturkan penjemputan bagi Anda.

 

2. Berapa jarak Yabbiekayu dari Candi-candi dan bagaimana cara menuju ke sana? Berapa jarak Yabbiekayu menuju pusat kota Jogjakarta? 

Yabbiekayu berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari candi  Budha terbesar, Borobudur, dan sekitar 1 jam perjalanan ke candi Hindu kuno Prambanan dan candi candi  Hindu di sekitarnya. Kami bisa membantu Anda mengatur perjalanan kunjungan wisata ke candi candi ini dengan menggunakan mobil dan driver pribadi, atau kami bisa memesankan taksi untuk Anda. Anda juga dapat menyewa sepeda motor  jika Anda cukup berjiwa petualang dan lebih nyaman mengendarai sepeda motor.  Kami menyewakan skuter / sepeda motor matic secara harian. Kami juga menyewakan sepeda secara harian dengan ongkos yang tidak mahal.  Untuk sampai ke pusat kota, Anda bisa naik taksi dari Yabbiekayu selama 15-20 menit. Taksi selalu mudah untuk dipesan dan dapat diandalkan. Kami selalu senang untuk membantu Anda melakukan pemesanan taksi dan dengan senang hati membantu menjelaskan kepada driver mengenai tujuan Anda.

 

3. Apakah Yabbiekayu menyajikan makan siang dan makan malam? 

Kami memiliki sebuah restoran wholefood yang menyajikan sarapan, makan siang atau makan malam. Anda bisa menikmati makan siang atau makan malam di restoran kami. Seluruh makan dan minuman yang kami sajikan adalah hasil kreasi resep otentik dari tim dapur kami, dengan mengolah berbagai macam bahan lokal berkualitas tinggi dan sebanak banyaknya kami produksi dari kebun kami sendiri. Selain bisa menikmati santapan di restauran kami, Anda juga bisa menikmati makan siang/malam di bungalow Anda, dengan sedikit tambahan biaya layanan kamar (room service). Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, mohon beritahu staf kami. Mereka senantiasa sedia untuk meracik menu khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Restauran kami beroperasi mulai pukul 07.30 am sampai dengan 10 pm. Penjelasan lebih rinci tentang makanan dan restauran kami,  dapat dilihat di tautan berikut.

 

4. Adakah tempat makan lain di dekat Yabbiekayu?

Di desa Tembi Anda bisa menemukan beberapa tempat makan,  termasuk yang menyajikan makanan internasional, juga lokal. Selain Yabbiekayu Resto, ada beberapa restauran/warung atau cafe yang dapat Anda coba, yaitu Pulo Segaran di Tembi House of Culture/Rumah Budaya Tembi (khusus menyediakan masakan khas Jawa), dan Lotus Cafe by D’Omah (menyediakan pilihan menu Indonesia dan western).  Jika Anda ingin mencoba menyantap masakan lokal dari warga desa Tembi dan sekitarnya, Anda bisa mencoba berbagai pilihan Nasi Rames di Warung Mala Kuliner (buka hanya dari jam 09.00 sampai 14.00), Bebek Goreng Pak Dono (buka dari pukul 11.30 sampai 09.00), warung Mie Jawa di sebelah selatan Workshop Batik Leksa Ganesha, warung nasi ayam jawa, dan warung warung sate klatak yang sangat populer (berjarak paling dekat 1 km dari Yabbiekayu), dll. Jika Anda tertarik untuk menjelajahi berbagai pilihan makanan lokal di Jogjakarta dan ingin mencoba beberapa hidangan lokal, kami dengan senang hati akan memberi Anda saran tentang tempat-tempat makan yang menarik dan lezat di seputaran Jogjakarta.

 

5. Dapatkah staf Yabbiekayu membantu saya mengatur kunjungan ke berbagai tempat menarik di Jogjakarta? 

Tentu saja, kami senang membantu Anda mengatur jadwal perjalanan dan pilihan transportasi yang paling sesuai dengan pilihan Anda. Kami bekerja sama dengan jasa penyedia transportasi lokal sehingga kami dapat dengan mudah mengatur rencana perjalanan Anda. Berikut adalah beberapa tempat yang layak dikunjungi selama Anda di Jogja :

– Candi Prambanan Hindu dan sekitarnya: Ratu Boko, Plaosan, Ijo, Kalasan, dll.

– Candi Borobudur di Magelang (dengan pilihan Sunrise Tour atau kunjungan di jam biasa 08.00-17.00 WIB)

– Keraton dan Taman Sari di pusat kota Jogjakarta- Sunrise Tour di lereng Merapi , termasuk wisata lava (berkendara mengelilingi beberapa titik menarik di Merapi dengan Jeep 4WD)

– Sunrise atau Sunset di perkebunan buah Mangunan – Mengunjungi pasar tradisional dan pusat belanja di sekitar jalan Malioboro- Kunjungan ke pantai pantai berpasir putih di daerah Gunung Kidul (termasuk Ngobaran, Sepanjang, Indrayanti, Timang, Watu Kodok, Kukup dan Krakal)

– Caving dan tubing di gua-gua di daerah Gunung Kidul

– Kegiatan pengamatan burung dan menjelajahan hutan di Merapi, Pantai Trisik dan mengamati jenis burung burung unik di daerah Prambanan.- Mengunjungi desa pengrajin perak, Kotagede.

– Bersepeda melewati desa-desa di sepanjang jalur menuju Makam Raja di Imogiri- Mengnjungi pabrik cerutu tua di pusat kota Jogjakarta

– Mengunjungi industri rumahan kuno yang memproduksi kain tenun khas Jogjakarta di Kampung Krapyak- Berjalan-jalan di sekitar Kampung Code di kota untuk merasakan keunikan dan keindahan arsitekturnya

– Melihat atraksi alternatif dan tradisional seperti pertunjukan kabaret, tari tradisional Ramayana, wayang kulit dan wayang orang.

– Mengunjungi sentra kerajinan gerabah, Kasongan (sekaligus mengikuti kursus kerajinan gerabah)

– Mengunjungi Berbagai Museum termasuk Sonobudoyo, Museum kereta kuda, Museum Batik, Museum Ullen Sentalu, Museum Affandi, dan museum lainnya di sekitar Jogja.

 

6. Adakah kegiatan yang bisa dilakukan di desa Tembi?

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di desa Tembi :

Pijat Tradisional

Staf Yabbiekayu dengan senang hati mengatur pesanan khusus untuk layanan pijat tradisional di bungalow anda. Kami memiliki pemijat tradisional yang tinggal di desa Tembi. Teknik pijat yang diterapkan adalah deep tissue massage, scrub, dan jika Anda tertarik untuk mencoba terapi kerokan  Jawa, beliau akan dengan senang hati melakukannya untuk Anda. Anda bisa memesan satu jam sampai satu setengah jam durasi pijat. Jika Anda ingin memiliki lebih banyak pilihan pijat dan perawatan spa, D’Omah Spa yang hanya berjarak 5 menit jalan kaki dari Yabbiekayu dapat menjadi pilihan tepat. Mintalah staf kami untuk membantu ada dalam melakukan booking untuk D’Omah spa.

 

Bersepeda ke Makam Raja Imogiri

Tour ini dijalankan dan dikelola oleh kelompok pemuda desa Tembi. Anda akan dipandu oleh salah satu pemandu wisata dari desa untuk bersepeda bersama melewati jalan-jalan di sepanjang desa menuju pemakaman keluarga raja di Imogiri, termasuk mampir di warung lokal untuk menikmati makan siang ala warga lokal sebelum kembali ke Yabbiekayu.Jadwal tour sepeda akan disesuaikan berdasarkan permintaan Anda, namun kami sarankan agar Anda memulai tour ini pada jam 8.30 pagi atau 2.30 siang.

 

Belajar Membatik

Anda bisa mengikuti kelas membatik di Workshop Batik Leksa Ganesha yang hanya berjarak 5 menit dari Yabbiekayu. Anda bisa mengikuti kursus singkat yang hanya berdurasi 2-3 jam, atau mengikuti full day class, atau jika Anda berencana untuk tinggal dalam jangka waktu lebih lama, Anda dapat mengatur sendiri jadwal kursus Anda.

 

Berjalan atau Jogging di Sekitar Desa

Jalan jalan di desa Tembi sangat aman dan masyarakatnya sangat ramah. Kondisi jalannya sesuai bagi Anda untuk berjalan kaki atau berjogging. Jangan takut untuk bereksplorasi dengan berjalan jalan di seputar desa. Jikapun Anda tersesat, warga desa Tembi akan senantiasa membantu Anda untuk menemukan jalan kembali ke Yabbiekayu :)Staf Yabbiekayu memiliki klub lari yang rutin melakukan kegiatan tiap dua hari sekali. Biasanya kami berlari pada sore hari, usai jam kantor selesai, yakni pukul 5 sore, mengitari desa Tembi dan sekitarnya. Opsi jarak tempuh ada dua, yaitu 1,7km bagi pemula dan 3-5km bagi pelari advance.  Mari bergabung bersama kami di Yabbiekayu Running Club! Untuk update mengenai jadwal Yabbiekayu Running Club, Anda bisa bertanya langsung kepada GRO yang bertugas.

 

Belajar Memasak Masakan Indonesia

Staf dapur Yabbiekayu dengan senang hati akan membantu Anda untuk memasak makanan favorit di Indonesia atau Anda bisa memilih dua resep dari menu yang kami berikan untuk dimasak bersama. Staf kami akan mengantar Anda mengunjungi pasar tradisonal untuk berbelanja bahan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan resep pilihan Anda. Anda bisa memulai kelas memasak pada pukul 11.30 pagi atau 3.30 sore.

 

Kursus Membuat Tempe

Jika Anda adalah salah satu penggemar tempe dan ingin mendapatkan pengalaman belajar membuatnya, kami dengan senang hati mengatur kunjungan ke salah satu rumah produksi tempe di Tembi.  Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengobrol dengan para pembuat tempe mengenai kehidupan mereka sehari hari, ke mana tempe didistribusikan dan lain lain, selain secara langsung  mendapatkan resep membuat tempe secara tradisional langsung dari tangan pembuatnya!

 

Bergabung dalam lomba memancing dengan penduduk setempat di Desa

Di desa Tembi, ada aktivitas yang unik setiap harinya. Salah satunya adalah kompetisi memancing yang diselenggarakan pada sore hari di kolam ikan warga. Biasanya warga memelihara ikan lele, gurame atau ikan emas. Beberapa hari sekali akan ada beberapa putaran kompetisi. Warga yang bergabung dalam kompetisi akan diberi waktu satu jam untuk menangkap ikan sebanyak mungkin dengan umpan mereka sendiri (beberapa menggunakan roti, cacing dan beberapa lainnya menggunakan palet ikan). Setiap orang memiliki kontainer sendiri yang penuh dengan air untuk menempatkan ikan yang mereka tangkap. Setelah satu putaran kompetisi selesai dan pemenangnya diumumkan, maka ikan yang ditangkap akan dilepaskan kembali ke kolam.

 

7. Bisakah tamu mengadakan pesta di bungalow ?

Salah satu hal yang membuat Yabbiekayu istimewa adalah perasaan damai dan tenang khas pedesaan yang kami tawarkan. Kendati demikian, kami ingin tamu tamu kami juga  dapat bersenang-senang.  Maka jika Anda berencana mengadakan perayaan maupun pesta, terutama di malam hari, staf kami dengan senang hati dapat merekomendasikan tempat terbaik di Jogja yang dekat dengan Yabbiekayu, dan membantu Anda untuk memesan taksi ke sana. Kami ingin Anda mempertimbangkan kenyamanan  tamu lain yang tinggal di Yabbiekayu agar suasana damai dan privasi penduduk desa sekitar Yabbiekayu tetap terjaga. Kami harapkan agar Anda menjaga lingkungan Anda agar tetap hening  setelah jam 11 malam. Jika Anda ingin untuk mengadakan acara perayaan kecil di Yabbiekayu,  kami senang jika dapat mesenang untuk mengaturnya untuk Anda asalkan Anda mempertimbangkan privasi dan kenyamanan tamu lain sebagaimana kami sampaikan di atas. Silahkan hubungi manajemen kami terlebih dahulu dan kami akan dengan senang hati mengatur hal ini untuk Anda.

 

8. Dari pengamatan saya, banyak kolam dan dekorasi taman dengan air mengalir di kebun Yabbiekayu dan tidak ada AC di bungalow. Saya khawatir saya akan kepanasan dan digigit nyamuk!

Sebagai informasi, kami tidak memiliki AC seluruh bungalow kami. Sebagai eco-villa yang memiliki tujuan utama untuk mengurangi konsumsi energi, mengurangi penggunaan bahan bahan yang tidak terbarukan seperti bahan plastik yang tidak dapat didaurulang, dan mengurangi sebisa mungkin pemakaian bahan bahan kimia non organik, kami hanya menggunakan perangkat listrik berenergi rendah, seperti teko listrik berdaya rendah, menggunakan kipas angin daripada AC, lampu LED dan kami menyediakan pengering rambut berbayar daripada secara cuma cuma. Sebagai tambahan informasi, rumah rata-rata di desa Tembi memiliki kapasitas maksimum 450-900 watt sehingga kami mencoba dan memastikan untuk menggunakan energi listrik di bawah atau mendekati batas tersebut.  Di samping hal tersebut, untuk memastikan kenyamanan Anda, kami merancang bungalow kami dengan menggunakan insulasi yang menjaga suhu ruangan agar stabil, juga menarapkan teknologi inovatif yang ramah lingkungan seperti teknologi pendingin pasif yang memanfaatkan air sebagai solusi alami, kami menggunakan kipas angin dengan teknik khusus yang berfungsi sebagai AC dan memperbanyak ventilasi udara dengan tidak mengesampingkan  kenyamanan dan privasi tamu. Di setiap kolam kami memiliki ikan untuk mengendalikan populasi nyamuk dan katak, dan kami memasang kelambu di setiap tempat tidur yang juga kami rancang untuk dilengkapi dengan kipas angin agar menjaga sirkulasi udara dan menghindarkan Anda dari kontak dengan nyamuk. Kombinasi antara sistem sirkulasi udara yang terjaga di dalam tempat tidur berkelambu ini menjamin kualitas tidur Anda. Selain itu, kami selalu menyediakan krim pengusir nyamuk, obat nyamuk bakar dan obat nyamuk listrik di setiap bungalow agar menjaga kenyamanan Anda dari gangguan nyamuk.

 

9. Apakah kasus demam berdarah dan malaria umum di Jawa? Haruskah saya mengkonsumsi pil malaria sebelum dan selama melakukan perjalanan? 

Pada dasarnya tidak ada kasus malaria di Jawa dan Anda tidak perlu minum obat anti malaria. Pada umumnya, di Jawa kasus demam berdarah lebih banyak ditemukan. Demam berdarah adalah sesuatu yang tidak dapat dicegah dengan pil, tapi Anda akan aman dari gigitan nyamuk demam berdarah dengan menggunakan produk pengusir nyamuk dan dengan melindungi kulit Anda sebisa mungkin dengan mengenakan pakaian yang lebih tertutup di daerah khususnya tangan, kaki dan tengkuk. Nyamuk demam berdarah umumnya berkeliaran di tengah hari, maka mengaplikasikan obat nyamuk di siang hari bukanlah ide yang buruk. Kami menyediakan berbagai macam produk anti nyamuk untuk menjaga tamu tamu kami dari gigitan nyamuk, termasuk menyediakan net anti nyamuk di seluruh tempat tidur di bungalow kami, sehingga Anda tidak perlu kuatir diganggu oleh tamu kecil yang tak diinginkan ini 🙂

 

 10. Bagaimana kondisi cuaca di Jogjakarta?

Sebagai kota yang berada negara berkepulauan yang beriklim tropis, cuaca di Yogyakarta umumnya cukup hangat. Pada umumnya curah hujan jumlah tinggi terjadi antara bulan Januari dan April, dengan kelembaban 90% sekitar bulan Oktober dan November; dan akan memiliki curah hujan yang konstan pada bulan November sampai Februari. Bulan Juni dan Juli adalah cuaca terbaik untuk mengunjungi Jogjakarta karena udara pada bulan-bulan tersebut cukup sejuk dan kering.

 

11. Apakah ada kolam renang di Yabbiekayu?

Untuk saat ini kami belum mempunyai kolam renang yang berukuran standard, namun kami memiliki sebuah kolam rendam yang berada di halaman bungalow terbaru kami (lihat halaman “Bungalows” di bagian Bungalow 2 kamar tidur). Kolam rendam ini adalah hasil experimen tim kami dalam mengupayakan sistem alami untuk kolam renang yang akan kami bangun di masa depan. Kolam rendam ini memiliki sistem filtrasi natural yang terdiri dari lapisan pasir, arang, tanaman, dan jenis jenis ikan kecil. Anda kami persilahkan untuk menggunakan kolam rendam tersebut apabila anda menginap di Bungalow terbaru tersebut, atau apabila Bungalow dua kamar tidur ini sedang vacant.

Apabila anda ingin beraktivitas di kolam renang di sekitar Yabbiekayu sekaligus mengalami pengalaman berjalan jalan di desa kami,  Anda mampir dan menggunakan fasilitas kolam renang di beberapa hotel yang dekat dengan kami, yaitu D’Omah Resort dan Tembi Rumah Budaya. Kami memiliki special arrangement dengan manajemen dua hotel ini untuk tamu tamu yang ingin menggunakan fasilitas kolam renang mereka.  Selain itu, Anda bisa juga mengunjungi Wisata Air Waterboom di daerah Gabusan yang berjarak hanya 5 menit berkendara atau bersepeda dari Yabbiekayu.